E-Government,E-Learning,E-Environment,dan E-Employement

Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa contoh web yang dibagi berdasarkan kategori nya masing-masing.Dan yang saya akan bahas tentang E-Government, E-Learning, E-Science.

Langsung saja mulai membahas tentang jenis-jenis web tersebut beserta contoh, kelebihan, dan kekurangan nya.

1. E-Goverment.

Contoh Web E-Government yaitu:

http://pde.sragenkab.go.id/

E-Government yang “juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.” 

Kelebihan dari E-Government :

– E-Government (E-Gov) lebih hemat dan dapat meningkatkan PAD bagi daerah yang menerapkan.

– Menciptakan pemerintahan yang lebih terbuka, karena program pemerintah akan di share melalui website.

Kekurangan dari E-Goverment :

– Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan dari web E-Government

 

2. E-Learning

Contoh web E-Learning yaitu:

http://e-pembelajaran.com/

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learningumumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learningsehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.

 

Kelebihan dari E-Learning:

  • menghemat waktu proses belajar mengajar
  • mengurangi biaya perjalanan
  • menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku)
  • menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
  • melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

 

Kekurangan dari E-Learning:

– kemungkinan adanya kecurangan, plagiasi, dan pelanggaran hak cipta.

 

3. E-Environment.

Contoh web E-Environment yaitu:

http://www.wwf.or.id/

Environment adalah lingkungan. Lingkungan keluarga, rumah tangga, lingkungan desa, hingga ke lingkungan kerja. Sedikit mengalami evolusi karena dinamika masyarakat, environment menyeruak menjadi community (komunitas). Lebih dalam maknanya karena community lebih bersifat interaktif, elemen-elemen didalamnya saling aktif berinteraksi, menimbulkan hubungan sebab akibat satu sama lain.
Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.
 
Kelebihan dari E-Environment:
– Bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini.
 
Kekurangan dari E-Environment:

– Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan dari web E-Government

 
4. E-Employement.
Contoh web E-Employement yaitu:

Adalah situs atau web yang merupakan tempat wadah untuk berbagi lowongan pekerjaan,dengan bagitu masyarakat yang sedang ingin mencari perkerjaan bisa mendaptkan info lowongan pekerjaan apa saja yang di butuhkan

Kelebihan dari E-Employement:
– Meningkatkan kehidupan masyarakat di seluruh dunia, dengan membantu mereka untuk mencari pekerjaan, keterampilan, arah – atau apa pun yang mereka butuhkan.

Kekurangan dari E-Employement:

– Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan dari web E-Government

Tinggalkan komentar